Hellooo.. wah ternyata setelah lama saya tinggalkan dunia blogging, banyak juga comment2 yang harus saya balas . Mohon maaf ya untuk yang sudah komen tapi saya balasnya lama, mudah2an jawaban saya bisa membantu atau kalau yang sudah menikah dan sekarang di Perancis, yippieee… semoga menikmati l’été yang mendung2 kali ini di tahun ini.

Alasan saya gak aktif nulis lagi adalah ini :

Dsc_0887

ma chouchou d’amour! Yes, C sekarang sudah hampir 8 bulan, and I’m a full time mum! yang ternyata capek bangetttt boookkkkk…. o la la…

tapi seneng bgt kok, meskipun bdn rasanya mo copot2. loool…..

 

Advertisements

Beberapa sites bagus untuk belajar bahasa Perancis

Berhubung saya harus belajar banyak untuk tes Visa Long Sejour atau Visa long stay, juga berhubung saya tidak bisa mengikuti kelas di CCF, jadilah kita DIY, learn sendiri bahasa perancis yang…, ahem! sometimes nge jelimet dengan grammar belum lagi pengucapan, anyway, this post sebagai rasa thanks banget sites yang telah membantu saya dalam belajar bahasa perancis. DI site ini juga banyak banget pilihannya. mulai dari KS 1 , KS2, KS3, sampe GCSE nya ada, dan pembelajaran nya top banget, karena sampe ada berbagai macam aspek nya,

1. http://www.bbc.co.uk/schools/gcsebitesize/french/

Dimulai dari stage Listening, Reading, Speaking and writing, dengan 2 types : Foundation and higher.

 

 

2. http://www.bonjourdefrance.com/

list to be added ya, akhir2 ini saya sibuk banget ini dan itu, tapi the best way to learn language yaitu, to live and talk di lingkungan dengan bahasa yang ingin kamu kuasai, dan juga media, YES! Medias : TV, radio, film, etc.

 

 

 

Carte Vitale SAGA , 1

TRAUMA! bukan buat nakut2in ya , sama yang lagi dan akan mau urus carte vitale di Perancis, tapi sekedar mau share perjalanan panjang saya aja sampai bisa dapat Carte Vitale yang emang Vital banget kalau mau menetap di Perancis.

Oke mungkin ada baiknya kita review dulu, apa sih Carte Vitale itu???

Carte Vitale itu yah semacam kartu yang kita punya sebagai sebuah tanda kesejahteraan kita dijamin oleh negara. Kesejahteraan seperti apa sih? Yah kesejahteraan seperti kalau sakit mesti ke dokter atau rumah sakit dan kalau ke apotik , kita harus mengeluarkan biaya tetapiii… nantinya diganti oleh pemerintah (tidak 100%, tapi dipotong berapa persen gitu). Asik ya? kaya banget negara nya, darimana dana untuk itu? dana-nya datang dari pembayar pajak. Nah makanya pembayar pajak itu suka kesal dengan banyaknya imigran yang datang ke Perancis untuk memanfaatkan sistem ini dan kebanyakan mereka tidak bekerja, dan anaknya banyak!! oulaa… tapi itu lain cerita..bukan di post yang ini.

Ok deh jadi singkatnya Carte Vitale itu seperti itu gunanya, juga dibutuhkan kalau kita mau mendaftar ke Pole Emploi (lembaga tenaga kerja), daftar asuransi pribadi, dll.

Nah post ini saya mau share betapa traumatisnya (tadinya, skrg udah biasa aja) pengalaman saya untuk dapat carte vitale ini.

Ohhh.. jadi ga langsung dapat yah carte vitale itu? ENGGA!!

Berapa lama tuh untuk dapat carte vitale (CV) ? Setahun!! tergantung juga sih ada juga yang cuma beberapa bulan tapi banyak expat yang bertahun2!

Cerita dong prosesnya gimana? Baiklaaahhh…. ^_^

Sekitar Mei 2012, 

Pertemuan di OFFI, diberitahu kalau harus ke CPAM (Kantor yang mengurus CV/ Sécu) terdekat untuk diproses pengurusan CV-nya

Sekitar April 2012, 

Setelah tau syarat2 untuk proses pembuatan CV, yaitu :

  • fotokopi paspor per halaman, lengkap
  • isi formulir (kalau memang masih satu kartu dengan suami/istri)
  • Translate akte kelahiran oleh penerjemah tersumpah yang diakui oleh pemerintah Perancis
  • Akte kelahiran original yang di legalisir (ini dia problem)

*catatan : waktu itu saya belum bekerja jadi persyaratan beda mungkin kalau belum bekerja, karena kalau sudah bekerja biasanya di urus sama perusahaan.

Satu persatu dokumen yang diminta saya siapkan, paspor di fotokopi, formulir di isi, akte kelahiran di translate oleh penerjemah tersumpah di Dijon bayar 40€, tunggu sekitar 2 minggu untuk proses translate, kirim scan akte kelahiran asli by email.

Akte kelahiran asli dilegalisir? yah ga bisalah! (bisa aja sih cuma kan repot banget harus ke kantor depkumham dan kantor urusan luar negri di indo untuk itu), so kita cuekin deh yang nomer satu ini.

Semua dokumen udah lengkap, suami ke kantor CPAM untuk menyerahkan berkas2 ke petugas agen counter2 gitu dan menjelaskan kalau akte kelahiran Indo cuma dikeluarkan satu kali seumur hidup dan ga ada yang namanya sistem update akte kelahiran. Di-oke-in tuh sama petugas counter. katanya tunggu aja nanti ada surat tentang bagaimana proses selanjutnya.

Awal Juni 2012, 

Sekitar 3 minggu kemudian.. datanglah surat yang ditunggu, amplopnya tebel, apa ya kira2 isinya? wadaw! semua dokumen saya dibalikin! dan ada suratnya katanya minta lagi akte kelahiran traducteur assermente francais, dan akte kelahiran yang original! aduuh gimana sih, kan waktu itu udah dijelasinn??? akhirnya suami balik lagi ke kantor CPAM untuk clarify situasinya, jawaban madame di counter nya : “mais pourqoui? je ne comprends pas? mais toute est bon” bla bla bala bala… sebel! ok akhirnya dimasukin lagi itu dokumen2 dan harus tunggu lagi prosesnya……

Akhir Juni 2012, 

Datang lagi amplop tebal itu dengan dokumen2 yang sama kali ini cuma satu permintaannya : kok nama di passport berbeda dengan nama di dokumen2 yang lain??

ADUH MO CEKEK RASANYA itu orang yg periksa! kenapa naluri pembunuh saya tiba2 menajam?!? soalnya di salah satu dokumen yang terlampir ada catatan dari imigrasi Indonesia di halaman paspor no 4 yaitu “Nama sebenarnya adalah/ The true name is : ….” dan ini yang tidak dibaca oleh officer itu! OULA…. marah, kesel, kecewa, mulai frustasi dan akhirnya menerima kenyataan ya udah berarti harus ke kantor CPAM lagi buat jelasin, LAGI! semua karena keteledoran petugas yang tidak teliti …

tapi beginilah sistem administrasi di Perancis, berlapis2 dan tidak ada komunikasi antara petugas, akhirnya semua informasi bisa aja mulai dari nol lagi, keren yak? ternyata …

Sekitar Juli 2012

Amplop tebal kembali lagi. Kali ini apa lagi? oh kali ini ternyata masihhhh aja minta akte kelahiran diterjemahkan dan dilegalisir oleh ambassade. Padahal lucu deh, waktu permintaan di surat sebelumnya jelas2 di tulis : “akte kelahiran yang diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah Perancis ATAU akte kelahiran yang dilegalisir oleh embassy. Naaah karena ada kata ATAU saya waktu itu memutuskan untuk pakai penerjemah aja, ternyata masih di tolak.. 😦 ya udah akhirnya saya telpon Embassy KBRI Indo di Paris, tanya bagaimana prosesnya, oh ternyata harus daftar diri dulu, paspor harus dikirim, translate dilakukan dan bayar biaya legalisir. Oke baiklah kita lakukan seturut kehendaknya.

Pffff….. saya stop dulu ya sampai sini nanti dilanjutin lagi perjuangan urusan ini sampai tahun 2013. Ternyata dengan menulis nya aja menguras energi ya? gpp deh karena yang terkuras energi negatipnyah! hehe… ok Ciao dulu

Bisous!

Smart Cities (English/Geography/Urbanism/ICT Material)

So this is one of the materials I have created for my class. The topic is about Smart Cities, to analyze and compare some cities in France and abroad and how they have worked to improve human health and environment.

Hope it will be useful! Bisous!

iframe width=”600″ height=”400″ frameborder=”0″ src=”http://www.mindmeister.com/maps/public_map_shell/179531428/smart-cities?width=600&height=400&z=auto” scrolling=”no” style=”overflow:hidden”>Your browser is not able to display frames.  Please visit the mind map: Smart Cities on Mind Mapping – MindMeister.
Create your own mind maps at MindMeister

http://www.mindmeister.com/179531428/smart-cities

Bikin cemilan coklat sama Fr

Hellloooooowww……….

So jadilah pelajaran pertama membuat cemilan coklat favorit nya Fr, namanya….

“Mendiant au chocolat”

seperti ini gambarnya :

Looks yummy to you?? tehe he he… emaanggg!! sayangnya waktu itu ga pake dark chocolat which for me it will be so much better, but anyway, caranya guampaangg banget,

pertama kumpulkan dulu kacang2nya yang mau dipakai, kemarin kita pake

  1. walnut
  2. almond
  3.  châtaigne

     
     
     

    kedua; coklat batangan (boleh coklat susu or coklat noir; dark chocolat) dan buat melelehkan coklat pake panci gitu diisi air jangan penuh2 nanti tumpah, terus mangkok buat isi coklatnya ditaruh diatas panci like this

    Ketiga; setelah meleleh ditaruh di tray gitu, oh ya coklat tadi kalo yg suka susu banget bisa ditambahin coklat putih, et moi, sebenernya ga suka, but yah toleransi deh sama Fr.., trus ditaurh di nampan dan di taruh deh kacang2an itu diatas nya plus ditambah apricot or any kinds of fruit that you like, but be sensible of course….

    and it will go like this

     

    Tunggu beberapa saat, sampai dingin daaan……… et voila!

    and then we had them while watching TV, and the next morning we woke up to see snow fell in our back terrace…

    things like this, I will keep, to make me feel warm inside and help me to pass this transition…

     

    pleins de bisous,

    sint

     

 

Bienvenue en France/ Selamat Datang di Perancis

Helloowwwww……….

So akhirnya, touch down juga nih benua Eropa untuk bersama suami setelah banyaknya dokumen ini dan itu surat-surat segala macam yang harus di urus. Sampailah saya di Perancis dengan menggunakan KLM, penerbangan sekitar 20-23 jam-an lewat Amsterdam.

Review tentang KLM? dislike!

food = terrible! , especially yang JKT-KUL (berenti sebentar) mie goreng gitu pake tahu no flavor, ah terrible deh

getting better sih setelah itu, tapi gatau ya? ga enak aja pake KLM, seatnya juga ga enak, and the flight attendants……. O LA LAA………. apalagi yg CGK-KUL nyaa.. ih sadis ga ramah2 loh, and their physical appearance…. ehh.. I guess you just have to see for yourself…

anyway; sempet diminta sogokan juga di bandara soeta sama security check ditakut2in karena bw liquid (it was my contact cleaner actually) and akhirnya dia minta uang damai biar bisa pass tuh security check, kok bisa? ya bisa lah:::! namanya juga Indo…. sbnrnya I ga ngelanggar aturan juga soalnya bawa liquidnya ga lebih dari 1 liter; ga bawa aqua galon juga….. but those people just could take the advantage of seeing how I was panicking. pokoknya O LA LA banget deh! pengen ngelupain bener2 kejadian itu!

dan bikin stress selama perjalanan, aduh gimana nih nanti kalo di AMS problem lagi? or lewat di Lyon another problem, wah …. sebenernya sih ga usah segitu panik juga sih, but I’m that kind of person yang apa2 tuh jd kepikiran, dan emang sebenernya ga perlu karena lewat AMS and nyampe Lyon baek2 aja tuuuhhh!!! emang lebay banget, dan cuma satu feeling stays yaitu : KESEL SAMA PETUGAS2 BANDARA SOETA YANG MATA DUITAN, MAKAN DEH TUH UANG PANAS! sebeeeelllllll, and jujur lebih lega ninggalin Indo dengan sistemnya yang gitu………. ck ck ck ck 😦

so, singkat cerita… tiba di Lyon pas jam 11.15 seperti yg dijadwalkan, dingiiiiiiiiiinnn menyerang, nunggu Fr jemput sampe jam 12.15 an, sempet praktek juga pake francais, karena bagage I udah maximum dan berat so I had to use the trolley tapi trolley disana tuh kayak digembok gitu (yg di aiport LYS), then I asked ” excusez moi madamme, mais on doit payer pour utiliser le caddie?” dan dijawab.. ” noonn, bla bla bla;…… ” wekekekeke, seneng juga udah bs berkomunikasi en francais selain ma Fr my hubby……

sampe rumah, mandi, makan, eh ternyata Fr ga perlu balik kantor lagi … yeayyy……. jadilah kita bersantai santai di rumah saja, dan I yang sangat capek karena perjalanan jauh dan stress mulai tumbang dengan demam dan pilek… hiaaatchiii…!!!

pleins de bisous,

Sint

 

Menikah dengan WNA Perancis 4 (VISA Long Sejour)

helllooooooowwwww……….

alors,

sejak post terakhir tentang Livret de Famille, yaitu semacam Kartu Keluarga, yang ternyata sampai detik ini, belum jadi! huaaaa…. tapi, bagaimana dengan VISA??? ahemm…. udah dooongg…. ahahaha, tepatnya kemarin tanggal 30 Januari 2012, saya bergegas untuk mengambil Visa di Ambassade de France…

Mari kita melihat timeline nya…

bentaar… ingat2 dulu…. okee siap…

  • 17 November 2011 : Dokumen Salinan Akta Perkawinan di serahkan kepada salah satu agen (murahnya bisa beberapa kali lipat dibanding agen yg satunya). Dokumennya apa aja? Liat di post https://dupfransint.wordpress.com/2011/11/25/menikah-dengan-wna-perancis-3-livret-de-famille/
  • 23 November 2011 : 6 hari kemudian cek ke Ibu Cempaka, ternyata dokumen2 sudah masuk tinggal di proses. Normalnya Livret de Famille dan Trsankrip Pernikahan akan memakan waktu selama 2 minggu, tetapi karena yang married banyaak banget so kira2 sebulan lah… *menarik napas*
Sambil menunggu Transkrip Pernikahan nya jadi, saya melengkapi
Checklist untuk Visa Long Sejour nya yaitu :
No Description Check
1 Remplir le formulaire (demande pour un visa de long sejour)2 exemplaire pour le france
2. Remplir le formulaire d’OFII
3. Photographie d’identite recente 3,5cm X 4,5 cm en couleur sur fond blanc3 photos
4. Passeport Indonesienne (original)
5. Photocopie du passeport Indonesien page 3-4, et 48
6. Photocopie carte identite/acte de n’aissance (fr)
7. Photocopie du passeport francais et du visa indonesien (fr)
8. Photocopie de l’acte marriage francais ou de sa transcription francaise et photocopie du livret de famille
9. Letter de motivation de l’epoux (francaise) (fr)
10. L’acte de propriete du domicile en france
11. Avis d’imposition a defaut bulletin de salaire (3 mois) (fr)
12. Preuve de reservation billet d’avion
13. Contact ccf Jakarta pour test dilf A1 et test valeurs de la republique
14. Il faut le minimum 3 semaines pour obtenir le visa pour la france
15. Le dossier doit comporter l’ensemble des pieces indiquees
Waktu terus berjalan tik tok tik tok…. *drama*
daaannnn setelah di telpon beberapa kali sama DH (Dear husband) ke Ibu Cempaka untuk menanyakan bagaimana transkrip marriage nya sudah jadi apa belum…beberapa kali belum jawabnya… sampai tanggal 27 Desember 2011, 1 bulan lebih kemudian….. (dude it feels like so long time ago) akhirnya “Iya udah jadi” plongg!!
so,
  • 29 Desember 2011 : Dengan dokumen2 untuk membuat Visa saya langsung ke Ambassade de France untuk mengambil transcription marriage nya, so, gak usah bolak balik, jadi setelah ketemu Ibu Cempaka, langsung ke bagian Visa untuk menyerahkan berkas2nya. Oh iya saat ini Livret de Famille kami belum jadi, tapi ya it’s ok dengan transcriptionnya juga udah cukup. Di bagian Visa, diterima dengan baik… (ahem beda gitu impressionnya kalo by phone itu ibu2 itu terdengar agak *ahem2* ….. judes). Dikasih lah tanda terima kalau berkas sudah masuk dan dibawa tanda terima itu ke CCF ohya udah ganti nama jadi IFI (Institute Francais Indonesie) jangan ilang yaa tanda bukti ini karena nanti di butuhkan untuk mengambil visa nya kembali.

Rencana nya, mau langsung test bahasa Perancis dan Valeur de Republique nya (semacam social studies negara Perancis lah) tapiii, udah LIBUR!!, soooo harus dipending lagi sampe habis tahun baru… in the mean time I yang tadinya felt so down, tried to look at the bright side and enjoy the Xmas days and New Year with my family.

  • 4 Januari 2012 : Telpon CCF/IFI untuk bikin jadwal test, dikirim email form untuk di isi dulu, dan hari itu juga di jadwalkan untuk test pada besok hari nya.
  • 5 Januari 2012 : Ke CCF Salemba dengan bingung cari2 dimana, ternyata ada di samping seven eleven dan sebelum RS. Carolus. Disana ternyata testnya singkat dan so basic, so don’t worry buat yang belum bisa parle francais, tapi yah tetep aja mesti belajar, and untuk test valeur de republique juga nanti saya buat post tersendiri.

M E N U N G G U …………..

  • 23 Januari 2012: setelah sekitar 3 minggu menunggu, akhirnya saya menelpon ke ambassade, karena kok ada feeling ga ada kabar, apa ada yang salah?? Eeeehhh….. BENER BANGET! Ternyata, ambassade belum menerima hasil test saya dari CCF, O LA LA….ppppffffffff………!! kok bisaa?? after 3 weeks and no notice??? *leng geleng geleng* ya so… akhirnya saya telpon CCF kembali (lebih tepatnya berkali-kali karena yang bekepentingan selalu tidak ada di tempat). terus terang saat itu panik loh, kalo memang harus ikut prosedur berarti we have to wait for another 3 weeks for applying this visa, tapi DH bilang udah tenang, mungkin stlh diterima hasil testnya malah bisa cepat… yeah right.., namanya juga kesal dan panik, yah bener aja ga bisa tenang…. anyway… akhirnya diterima juga penjelasan dari CCF kalau hasil sudah dikirim dari tanggal 5 ke email bos visa, tapi berhubung bos nya lagi liburaaan…, jadi tidak bisa lah itu visa nya di proses, so ok deee…… minta lagi CCF untuk kirim hasil tes ke ambassade daann……

M E N U N G G U …………..

  • 25 Januari 2012 : mendesak dengan sedikir ngambek ke DH buat telpon cek lagi ke ambassade…, siapa tau ada masalah lagi… andd…. BENER BANGET!! AGAIIN?? MAIS OUI!  O LA LA pffffffff……………… ternyata dokumen nya masih ada yang kurang…. yaitu : asuransi selama 3 bulan! padahal waktu saya research untuk persyaratan visa long sejour istri, ga ada tuh diminta untuk asuransi..? hmm… tapi mungkin it’s my bad…did I really read?  I don’t really care, and it doesn’t really matter now anyway….. So, biar cepat dan lebih murah kami memutuskan pake asuransi dari Indo aja dipilih lah Asuransi Sinar Mas, pelayanan nya TOP! Hasil E Polis cuma 1 hari langsung jadi, di fax dan email ke ambassade dan

teree reng jee jjreeenkkkk…………!!!!!!!! yeeeeee ——– haaaaaaaaawww………. *HALAH LEBAY*

JADI DEEHH! 😀 😀 😀 😀 😀 😀

  • 27 Januari 2012 : DH telpon lagi ke ambassade (pokoknya dia melulu yang telpon) biarin biar ngerasain juga ribetnya… hehehehe, sudah OK dari ambassade untuk mengambil hari Senin 30 Januari 2012. a midi. 
Akhirnya, pesen tiket, minggu depan berangkat. Rasa nya…speechless lega-lega gimana gichuu…. belum ada sih emoticon yang bisa menggambarkan perasaankyuu…. ahaha hihi… lebay bay!
But it ain’t over yet,
But at least for now, yeah…
pleins de gros bisous,
Sint ❤

Foto-foto Pemberkatan

Isaiah 43 : 5 – 7  

 Ésaïe 43 : 5 – 7

5 Do not be afraid, for I am with you;                                  

«Sois donc sans crainte,car je suis avec toi,

I will bring your children from the east                              

 je ferai revenir tes enfants de l’orient

and gather you from the west.                                             

 je te rassemblerai de l’occident.

6 I will say to the north, ‘Give them up!’                           

 6 Je dirai au septentrion: Rends-les

and to the south, ‘Do not hold them back.’                        

et au midi: Ne les retiens donc pas,

Bring my sons from afar                                                    

fais revenir mes fils des pays éloignés,

and my daughters from the ends of the earth—                 

fais revenir mes filles des confins de la terre

7 everyone who is called by my name,                            

 7 oui, tous ceux qui portent mon nom

whom I created for my glory,                                            

et que j’ai créés pour ma gloire,

whom I formed and made.”                                               

que j’ai formés, oui, que j’ai faits.»

This verses got me when I was 20 years old, 11 years ago, when I prayed for a friend for life.

He answers prayers. 

Thank you Father, for Your promises are true.

pleins de gros bisous,

sint